Join Our Facebook and Twitter :

Penerbit Terkemuka AS Hibahkan Puluhan Ribu Buku bagi Anak Indonesia

Kamis, 04 November 2010, 16:22 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Penerbit terkemuka asal Amerika Serikat (AS), McGraw-Hill, menghibahkan puluhan ribu buku berbahasa Inggris bagi anak-anak Indonesia. Hibah puluhan ribu buku ini dilakukan melalui Ancora Foundation dan Sabre Foundation dari AS.

Distribusi buku-buku tersebut dilakukan oleh Serikat Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB). Rencananya, buku-buku tersebut untuk distribusinya akan diprioritaskan bagi anak-anak korban bencana alam di Mentawai dan Gunung Merapi Yogyakarta.

Ketua 1 SIKIB, Oka Hatta Radjasa mengatakan, buku-buku tersebut akan didistribusikan secara merata ke 33 provinsi yang ada di Indonesia. ”Tapi kami akan prioritaskan dulu untuk anak-anak yang menjadi korban bencana alam, danĀ  selanjutnya akan dibagikan melalui rumah-rumah pintar di seluruh provinsi,” ujar Oka di sela-sela penyerahan secara simbolis dari pihak Ancora ke SIKIB di Jakarta, Kamis (4/11).

Oka menambahkan, untuk buku-buku yang akan dibagikan anak-anak korban bencana akan disortir dulu. Karena, kata dia, perlu dilakukan pemilihan atas buku-buku tersebut mana yang cocok untuk daerah bencana.

”Kami akan pilihkan buku-buku yang mengandung muatan inovasi, inspirasi, dan motivasi bagi anak-anak di derah bencana,” jelas Oka. Buku, lanjut dia, bagi para korban bencana alam saat ini menjadi salah satu obat untuk melupakan apa yang mereka hadapi.

Buku-buku yang disumbangkan dari AS ini, kata Oka, meskipun berbahasa Inggris namun cukupĀ  menarik bagi anak-anak dengan gambar-gambarnya yang penuh warna. ”Jadi tanpa bisa Bahasa Inggris pun si anak bisa mengerti apa yang diceritakan dalam buku-buku ini,” cetusnya.

Pada kesempatan yang sama CEO Ancora Foundation Atria Rai menyatakan, buku-buku yang disumbangkan tersebut merupakan buku-buku terbaik dari penerbit terbesar di AS. Selain itu, kata dia, buku-buku tersebut merupakan buku baru dengan kualitas yang baik.

”Buku-bukunya tidak hanya buku cerita, tetapi buku pelajaran, matematika, sains, ilmu alam, lingkungan, dan lainnya,” kata Atria. Menurutnya total buku yang disumbangkan sebanyak 24,237 buku yang dikirim dari AS dalam satu kontainer.

Sementara itu, mengenai alasan menunjuk SIKIB untuk menyebarkannya, menurut Atria karena SIKIB sudah memiliki jejaring infrastruktur ‘Rumah Pintar’ di seluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai 240 lebih.
Atria menambahkan, Ancora Faoundation tahun ini menargetkan untuk mendatangkan satu kontainer lagi dari AS. ”Dan kami harapkan ke depannya bisa secara gradual setiap tahun dapat hibah buku-buku ini,” tandasnya.

Red: Endro Yuwanto
Rep: Cepi Setiadi